Simak! Ini Dia Panduan Lengkap untuk Daftar Lowongan Karir Astra 

Di tengah sulitnya proses mencari pekerjaan, tingginya angka persaingan antar pelamar pun turut menjadi salah satu permasalahannya. Oleh karena itu, banyak jobseeker selalu berburu informasi mengenai lowongan terbaru, seperti lowongan karir Astra yang merupakan kesempatan untuk bekerja di perusahaan bergengsi di Indonesia. 

Sebagaimana diketahui, Astra merupakan salah satu perusahaan berpengalaman yang memiliki reputasi baik dan menjanjikan bagi masyarakat luas. Maka tak heran bila akhirnya banyak orang ingin menjadi bagian dari Astra, baik di perusahaan utama maupun anak perusahaannya.

Jika Anda adalah salah satu yang memiliki keinginan tersebut, maka bisa dibilang Anda cukup beruntung karena saat ini PT Astra International Tbk tengah mengadakan recruitment berskala besar untuk fresh graduate, berpengalaman, hingga level profesional.

PT Astra International Tbk, Perusahaan Multinasional Indonesia

Sebagai informasi, PT Astra International Tbk merupakan salah satu perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1957 silam. Dari perjalanan panjangnya, kini Astra sudah memiliki lebih dari 222.000 orang karyawan aktif serta 240 anak perusahaan. 

PT Astra International dapat dikatakan sebagai perusahaan multinasional karena memiliki tujuh bidang usaha, yaitu:

  • Perdagangan Umum
  • Industri
  • Jasa Pertambangan
  • Perusahaan Transportasi Indonesia
  • Perusahaan Logistik atau Pengangkutan
  • Pertanian atau Agribisnis
  • Pembangunan dan Jasa Konsultasi

Cara Daftar Astra Karir

Perlu diketahui, sebelum mendaftar lowongan karir Astra, pastikan Anda telah memiliki akun terlebih dahulu. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara daftar akun di Astra Career. 

1. Buka Website

Pertama, Anda wajib membuka atau mengunjungi laman website resmi karir Astra, yaitu https://career.astra.co.id/account/register lalu klik ‘Daftar” untuk proses pembuatan akun. Meskipun cara untuk membuat akun di laman ‘Daftar’ sebenarnya cukup mudah, namun sebaiknya pahami dulu semua informasi sebelum mengisi formulir. Apabila sudah memiliki akun, langsung pilih menu “Masuk”. 

2. Siapkan Foto dan CV

Untuk memudahkan proses pengisian data, sebaiknya Anda telah terlebih dahulu menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan, seperti foto dan CV. Selain itu, pastikan pula data yang akan Anda submit adalah data terbaru atau paling update dengan informasi apa adanya. 

3. Isi Data

Langkah selanjutnya adalah Anda mengisi data yang diperlukan, seperti data personal, pendidikan, organisasi, pengalaman magang atau PKL, pengalaman kerja, dan status pencari kerja (aktif, pasif, atau tidak aktif).

a. Data Personal

Untuk data personal, isilah nama lengkap sesuai kartu identitas, jenis kelamin, tanggal lahir dengan format: tanggal, bulan, dan tahun lahir.

Kemudian, masukkan alamat email, nomor telepon aktif, total lama bekerja, harapan gaji, dan domisili. Terakhir, tentukan password untuk proses masuk ke akun Astra.

b. Pendidikan

Untuk bagian Pendidikan, masukkan maksimal 3 pendidikan terakhir dengan mengklik ‘Tambah’.

Nantinya, akan muncul form mengenai detail pendidikan Anda berupa gelar yang dimiliki, dari mana mendapatkannya (universitas atau pelatihan), jurusan, tahun masuk dan lulus, serta GPA atau NEM. 

c. Organisasi

Anda juga akan diminta memasukkan data berupa pengalaman organisasi, mulai dari nama dan lingkup organisasi, hingga jabatan Anda di sana. Terakhir, klik Tambah untuk menyimpan data Anda.

Masukkan maksimal tiga pengalaman dan sebaiknya pilih pengalaman yang sesuai bahkan bisa menunjang kredibilitas Anda.

d. Pengalaman Magang atau PKL

Jika Anda merupakan fresh graduate atau lulusan baru, maka pengalaman magang atau praktek kerja lapangan juga bisa Anda tambahkan. Namun, pilihan ini bersifat opsional sehingga tidak wajib diisi.

Masukkan nama institusi tempat Anda menjalankan magang atau PKL, lalu pilih salah satu jenis industri yang sesuai. Apabila tidak ada, Anda bisa memilih ‘Others’.

Lalu masukkan tanggal mulai dan berakhirnya masa magang atau PKL lengkap dengan penjelasan singkat mengenai tanggung jawab pekerjaan Anda.

e. Pengalaman Kerja

Kemudian, masukkan juga pengalaman kerja sesuai dengan posisi yang dilamar.

Di bagian ini, sertakan informasi mengenai nama perusahaan dan posisi Anda di sana lalu pilih tipe, pangkat, fungsi, dan industri yang tersedia. 

Sertakan informasi mengenai tahun mulai dan tahun berhenti bekerja, lengkap dengan deskripsi pekerjaan. Terakhir, klik tambah untuk menyimpan.

Perlu diperhatikan, pengalaman magang dan kerja lepas tidak termasuk sebagai pengalaman bekerja.

f. Status Pencari Kerja

Apabila semua data sudah terisi, lakukkan pengecekan akhir guna memastikan seluruh data sudah esuai.

Kemudian ubah status pencari kerja yang meliputi:

  • Aktif

Jika Anda sedang mencari pekerjaan dan terbuka untuk setiap undangan pekerjaan atau email yang berhubungan dengan lowongan.

  • Pasif

Jika Anda tidak sedang mencari pekerjaan namun terbuka pada penawaran lowongan sesuai kompetensi diri atau pengalaman.

  • Tidak Aktif

Terakhir, Anda bisa menolak email dan informasi lainnya dengan memilih status ‘Tidak Aktif’.

Setelahnya simpan dan klik Captcha lalu Daftar.