5 Langkah Kredit Sepeda Gunung di Tokopedia

Salah satu cara berolahraga yang bermanfaat dan juga menyenangkan adalah bersepeda. Nggak harus ngoyo lari setiap pagi atau nge-gym, kamu bisa keliling komplek di pagi atau sore hari dengan sepeda untuk tetap sehat sambil menikmati suasana. Terlebih, kalau kamu punya tubuh yang gemuk, bersepeda bisa menjadi pilihan olahraga kardio yang tepat dibandingkan lari.

Ada banyak tipe sepeda yang tersedia dan cocok dipilih untuk berolahraga. Dari yang murah sampai yang mahal. Salah satunya yang paling banyak diminati adalah tipe sepeda gunung. Sepeda gunung sendiri pada dasarnya dirancang khusus agar enak digunakan di segala medan dari yang jalan rapi beraspal sampai yang jalan berbatu. Sepeda gunung juga biasanya didesain khusus agar sesuai dengan kebutuhan tersebut dan lebih kuat.

Biasanya, harga sepeda gunung standar yang mumpuni untuk aktivitas ringan berada di kisaran harga Rp 2,5 jutaan. Kalau kamu tertarik beli sepeda gunung untuk rutin bersepeda setiap harinya, ada opsi cicilan yang bisa kamu pilih di berbagai e-commerce. Salah satunya Tokopedia yang punya opsi paylater, nggak hanya dengan kartu kredit.

Cara mengaktifkan Tokopedia paylater untuk kredit sepeda gunung juga mudah! Kamu hanya perlu memilih salah satu dari opsi paylater yang tersedia di Tokopedia, lalu daftar sesuai dengan mekanisme yang diberikan paylater tersebut. Misalnya Kredivo. Kamu bisa download aplikasinya di Google Play Store atau App Store untuk melakukan pendaftaran.

Lebih lanjut, berikut ini adalah 5 cara mudah yang bisa kamu lakukan kalau mau kredit sepeda gunung di Tokopedia:

Siapkan akun kreditnya: baik itu kartu kredit atau paylater

Untuk kamu yang sudah punya kartu kredit, maka transaksi cicilan bisa dilakukan secara langsung di Tokopedia. Kalau belum punya, maka ada opsi paylater yang bisa menjadi alternatif.

Kredivo adalah salah satu pilihan paylater yang tersedia di Tokopedia. Kamu bisa daftar akun Kredivo lebih dulu sebelum bertransaksi atau bisa mencicil sepeda gunung di Tokopedia.

Hanya ada 3 syarat yang harus kamu penuhi supaya bisa daftar akun Kredivo, yaitu:

  1. Sudah berusia minimal 18 tahun atau maksimal 60 tahun.
  2. Sudah bekerja dan punya penghasilan minimal sebesar Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Cilegon, Malang, Bontang, Tanjung Pinang, Metro, Dumai, Gowa, Maros, Banyuasin, dan Deli Serdang.

Kalau sudah selesai daftar dan akunmu sudah aktif, barulah kamu bisa menggunakannya untuk ambil cicilan atau bertransaksi di Tokopedia.

Riset tipe sepeda gunung yang kamu perlukan di Tokopedia

Sepeda gunung memiliki banyak tipe dan spesifikasi. Polygon adalah salah satu brand sepeda gunung yang cukup populer dan terkenal dengan produk sepedanya yang berkualitas. Di Tokopedia, kamu juga bisa menemukan berbagai penjual sepeda gunung Polygon dengan kisaran harga mulai dari Rp 2 jutaan.

Penting untuk melakukan riset spesifikasi sepeda gunung yang sesuai kebutuhan dan juga budgetnya pas di kantong sebelum membeli. Misalnya, kalau kamu pemula dalam bersepeda, maka sepeda gunung dengan spesifikasi standar bisa menjadi pilihan.

Cek limit kredit & sesuaikan dengan harga sepeda pilihanmu

Selain melakukan riset sepeda gunung sesuai kebutuhan, jangan lupa untuk mengecek jumlah limit kredit yang kamu punya. Jangan sampai, harga sepeda gunung pilihanmu lebih mahal dibanding limit yang kamu punya. Jika kondisinya begini, maka transaksi tidak bisa dilakukan.

Kalau pakai Kredivo, jumlah limit yang kamu terima dan bisa digunakan akan tertera di halaman depan. Kamu bisa mengecek dan menjadikannya sebagai acuan untuk memilih sepeda gunung yang sesuai kebutuhanmu.

Pilih opsi cicilan yang tersedia di halaman pembayaran Tokopedia

Langkah berikutnya adalah mengecek opsi cicilan yang tersedia di halaman pembayaran Tokopedia. Kalau pakai paylater, kamu bisa memilih opsi cicilan tanpa kartu kredit dan akan ada opsi Kredivo atau paylater lainnya.

Di Kredivo, terdapat 3 pilihan cicilan:

  1. Bayar dalam 30 hari tanpa dikenakan bunga.
  2. Opsi cicilan 0% dengan tenor maksimal sampai 3 bulan dan ada biaya admin 1% per bulan.
  3. Opsi cicilan dengan tenor 6 – 12 bulan, dengan suku bunga hanya 2.6% per bulan.

Kamu bisa memilih salah satu dari opsi cicilan di atas kalau pakai Kredivo di halaman pembayaran Tokopedia.

Periksa simulasi cicilan sesuai tenor pilihanmu sebelum melanjutkan transaksi

Setelah memilih salah satu opsi cicilan, akan muncul simulasi cicilan untuk sepeda gunung pilihanmu. Mulai dari jumlah angsurannya, tenornya, hingga bunganya. Pastikan kamu mengecek simulasi ini dengan cermat. Kalau sudah sesuai, kamu bisa melanjutkan transaksi ke tahap selanjutnya.

Untuk menyelesaikan cicilanmu, silakan login ke akun Kredivo di halaman pembayaran Tokopedia dan masukkan OTP untuk memverifikasi transaksi. Kemudian, tunggu sampai transaksi dinyatakan selesai.